Jan 12, 2011

..Cheese Cake..

Cheese Cake pertamaku disini.. hehehe, dari kemarin2 udah pengen banget makan Cheese Cake, cuma muter-muter nyari Cream Cheese gak nemu,, baru hari ini deh nemunya.. Akhirnya baru tercapai deh buatnya... hehehe

Dulu sempet buat di rumah di Biak, tp ternyata cara memanggangnya yang benar adalah dengan teknik "Au Bain Marie" seperti ini..




Karena memakai Loyang bongkar pasang, sebelum dipanggang loyang harus dilapisi dengan alumunium foil terlebih dahulu, supaya tidak terjadi kegagalan atau kebocoran dari loyang itu sendiri.. Dan kenapa harus di beri alumunium foil juga?? Karena kalo dibakar langsung pinggiran cheesenya akan kering kecoklatan.. Kalau dilapisi alumunium, maka tidak akan kering kecoklatan melainkan akan terlihat warna cheesenya..
Sedangkan Lapisan Loyang dibawahnya itu ak beri air, karena yang ak lihat d youtube smuanya melakukan sperti ini, ini yang dinamakan teknik Au Bain Marie.. >> sepertinya begitu.. hahahaha<< (walaupun ak gak kursus secara khusus ttg membuat Cheese Cake dan Kue2..).. Dan ohya.. Selama proses pemanggangan jangan sampai airnya habis yah, nti hangus.. hehehe

Cheese Cake yang baru saja matang stlh ak panggang hampir 90mnt.. jadinya sperti ini..




Sebenarnya dan sebaiknya, setelah diangkat dari Oven, Cheese Cake ini harus didiamkan sampai dingin, setelah itu masukkan ke dalam Lemari Pendingin dengan Loyangnya terlebih dahulu.. Setelah 2 jam, baru Cheese Cakenya di keluarkan dari loyang.. agar tidak Pecah..

Tapi karena ak penasaran, masih panas2 ak bongkar aja nie loyangnya.. Ternyata dan Beruntungnya ak.. Cheese Cakenya Bagus banget dan tidak pecah.. (mungkin karena ak bukanya dengan penuh perasaan..)
dan inilah hasilnya yang langsung ak foto masih beruap panas.. :D




Masih panas belum sempat ak dekorasi dengan topping.. Nanti setelah dingin, ak potong2 dan beri berbagai macam topping.. hehehe.. Sekarang masukin foto yang ini aja dulu yah.. Manis juga kok walaupun cuma dtambahin Strawberry n Cherry.. :)







Lihat pinggirannya?? Gak seperti cake2 dan bolu lainnya kan?? Alias gak kering kecoklatan ataupun gosong.. :)

No comments:

Post a Comment